Solusi Mudah Hardisk Eksternal Error Minta Format Ketika Dicolokkan Ke USB

Solusi Hardisk Eksternal Error Minta Format – Apakah Anda pernah mengalami kasus seperti judul artikel ini, yaitu hardisk eksternal minta di format ketika hardisk tersebut dicolokkan ke USB komputer atau laptop? Masalah seperti ini bukan hanya terjadi pada hardisk eksternal saja. Setiap media eksternal seperti flashdisk, memory SSD, dan sebagainya akan mengalami kasus serupa jika sebelumnya pernah melakukan kesalahan. Dan disini saya akan memberikan solusi terbaiknya dan memang bukan harus di format media eksternal tersebut. Kita bisa melakukan trik khusus dan silakan baca artikel ini sampai selesai.
Solusi Mudah Hardisk Eksternal Error Minta Format Ketika Dicolokkan Ke USB
Begitu hardisk eksternal dicolokkan ke USB dan minta di format tentunya kita tidak mau mengambil resiko besar ini. Masalahnya sudah terlalu banyak data penting tersimpan didalam hardisk eksternal tersebut. Masih mending jika kita mempunyai backup datanya, namun bagaimana jika sebaliknya?

Mungkin awalnya kita berpikir bahwa tidak ada jalan lain lagi selain kita memformat hardisk eksternal tersebut agar hardisk kedepannya bisa dijalankan. Kita sudah mencoba hardisk eksternal dicolokkan ke semua USB komputer bahkan komputer punya teman. Hasilnya masih tetap sama kalau hardisk tidak bisa dibuka dan hanya muncul pesan “Do you want to format it?” Artinya jika kita klik pilih Format disk maka semua data penting yang tersimpan didalam hardisk eksternal akan hilang.

Lalu sebenarnya apa sih penyebab hardisk eksternal error sehingga minta format ketika dicolokkan ke USB?
Hal ini kesalahannya bisa terletak pada perangkat (hardware) dan kesalahan pengguna sendiri. Namun umumnya masalah ini terjadi karena kesalahan pengguna itu sendiri. Kita sering mencabut hardisk eksternal seenaknya tanpa menutupnya terlebih dahulu. Apalagi jika hardisk eksternal sedang bekerja seperti sedang menjalankan program atau sedang sedang mengkopi file didalamnya.
Sebaiknya agar kasus hardisk eksternal error ketika dicolokkan tidak terulang lagi maka Anda harus menutup hardisk ketika ingin dicabut. Pastikan tidak ada program atau file yang sedang berjalan didalamnya. Cara menutupnya sangatlah gampang, Anda tinggal klik kanan pada USB dan klik pilih Eject.
Kecuali jika kasus ini terjadi karena alasan aliran listrik, seperti sering mati lampu. Namun hal inipun bisa diatasi dengan menggunakan Uninterruptible Power Supply (UPS). Agar ketika aliran listrik mati mendadak, Anda masih bisa untuk melakukan Eject hardisk eksternal bahkan ada waktu untuk Shut down komputer.

Lalu Bagaimana Solusi Hardisk Eksternal Error Minta Format Ketika Dicolokkan?

Jika sudah terlanjur error hardisk eksternal Anda, silakan Anda coba trik yang akan saya jelaskan disini. Barangkali hardisk eksternal Anda masih bisa diselamatkan. Dan memang hal ini hardisk eksternal Anda tidak rusak dan masih bisa digunakan. Namun Anda sama sekali tidak bisa membuka file yang tersimpan didalam hardisk.
Tidak banyak yang harus kita lakukan, bahkan hal ini sama sekali Anda tidak perlu menggunakan software. Kita cukup dengan memanfaatkan perintah CMD Commant Prompt saja. Tentunya hal ini bisa kita praktikkan di seluruh Operasi Sistem Windows seperti Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.
Ok kita mulai saja caranya …
  1. Silakan Anda colokkan hardisk eksternal ke USB komputer atau laptop seperti biasa. Anda close atau keluarkan kotak pesan perintah format atau abaikan saja. Ketahui lokasi drive hardisk eksternal Anda, bisa di drive D, E, F, G, dan seterusnya. Hal ini tergantung jumlah partisi hardisk komputer Anda dan biasanya drive media eksternal akan terdapat diakhir;
  2. Anda buka kotak dialog Run Windows. Caranya bisa melalui perintah Start > Run atau cara cepatnya gunakan tombol Windows + R pada keyboard. Lalu Anda ketikkan perintah chkdsk /f F:. H adalah lokasi drive hardisk eksternal, jadi silakan sesuaikan saja seperti yang dijelaskan pada point 1;
  3. Langkah selanjutnya Anda tekan Enter pada keyboard dan tunggu beberapa saat. Lama proses ini tergantung besar kapasitas hardisk eksternal Anda. Jika besar, maka prosesnya akan lama.

Perlu Anda ketahui tentang kode perintah yang telah kita ketikkan pada kotak dialog Run tadi. Perintah chkdsk adalah berfungsi untuk mengecek seluruh data dalam hardisk eksternal serta memverifikasinya. Kemudian perintah /f adalah berfungsi untuk melakukan pengecekan dan juga memperbaikinya setiap kesalahan yang ditemukan pada hardisk eksternal. Sedangkan perintah H: adalah seperti yang sudah dijelaskan diatas lokasi drive hardisk eksternal di komputer yang digunakan.
Ok mungkin hanya itu saja Solusi Hardisk Eksternal Error Minta Format ini. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan seluruh data didalam hardisk eksternal Anda bisa diselamatkan. Sampai bertemu di artikel keren lainnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post