jadikanlah keluarga sebagai sumber inspirasi di lingkungan

Tinggal di lingkungan perumahan membuat setiap keluarga menjadi sorotan bagi keluarga yang lain. Sebaiknya manfaatkan kondisi ini bersama anggota keluarga untuk bahu-membahu menciptakan keluarga bahagia idaman. Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan agar keluarga Anda bisa menjadi sumber cerita inspirasi bagi keluarga yang lain:
1. Aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial di lingkungan Anda
Bagaimana Anda ingin menjadi sumber cerita inspirasi bagi keluarga lain apabila Anda tidak pernah melibatkan diri dalam kegiatan yang diadakan perangkat RT di lingkungan Anda. Ambil bagianlah dalam setiap kepanitiaan dan libatkan anggota keluarga yang lain terutama anak-anak agar bisa belajar bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.
2. Bangun komunikasi yang hangat dengan anggota keluarga
Ajarkan keterbukaan dengan sesama anggota keluarga. Bersikaplah peka sebagai orang tua. Jadilah teman curhat yang nyaman dan menyenangkan bagi anak-anak dan pasangan. Berikan dukungan, masukan, nasehat, atau saran sesuai permintaan, jangan terlalu menggurui. Keluarga idaman selalu memiliki trik-trik komunikasi untuk memahami anggota keluarganya sehingga terciptalah keluarga bahagia, nyaman, dan komunikatif.
3. Musyawarah untuk mufakat
Biasakan untuk melibatkan seluruh anggota keluarga untuk membahas sesuatu di dalam keluarga. Pasangan akan merasa dihargai dan anak-anak akan merasa dibutuhkan serta bakal menjadi percaya diri di masyarakat. Itulah salah satu ciri-ciri keluarga sakinah.
4. Muliakan tamu dan tetangga Anda
Keluarga yang baik adalah keluarga yang selalu menerima tamu dengan jamuan yang baik serta memperlakukan tetangga selayaknya saudara. Bagaimana dapat menjadi sumber cerita inspirasi apabila Anda sekeluarga bersikap apatis dengan tetangga maupun tamu yang berkunjung?
5. Cintai tugas Anda dalam keluarga dan tularkan pada anak-anak
Nikmati setiap pekerjaan rumah tangga yang harus dijalankan, libatkan pula pasangan maupun anak-anak untuk membantu menyelesaikannya. Sikap ikhlas dan selalu bersyukur merupakan awal terciptanya keluarga bahagia.
6. Ciptakan “kebahagiaan” Anda bersama keluarga.
Keluarga sakinah, mawaddah, dan warrohmah adalah tujuan dari rata-rata keluarga. Tetapi seperti “kebahagiaan”, keluarga bahagia tidak dapat dicari, tetapi harus diciptakan.

Sumber : Klik Disini

Post a Comment

Previous Post Next Post