Tips dan Cara Merawat Printer Infus

Tips dan Cara Merawat Printer Infus
Printer adalah sebuah perangkat yang nantinya akan dihubungkan ke komputer sebagai pencetak dokumen baik itu teks ataupun gambar. Terdapat banyak sekali jenis printer salah satunya adalah printer infus. Bagi anda yang menggunakan printer infus sudah seharusnya mengetahui bagaimana cara perawatan supaya tetap awet.
Cara merawat printer infus itu berbeda dengan cara merawat printer non infus. Printer infus adalah printer yang dimodifikasi sendiri. Dimana, yang dimaksud dengan modifikasi sendiri ini. Jadi cartridgenya terus teraliri tinta dari tabung tinta yang dihubungkan dengan selang menuju head atau cartridge. Lihat tutorial yang telah seputarprinter.com bagikan di penjelasan cara memasang infus printer.
Pada dasarnya printer infus ini memiliki kelemahan dan keuntungan masing-masing. Untuk mempertimbangkan dalam memilih printer jenis ini ketahuilah beberapa kelemahan dan keuntungan berikut ini :

Keuntungan Printer Infus

  • Tidak harus melakukan bongkar pasang cartridge saat anda akan melakukan isi ulang tinta. Jadi, langsung saja masukkan tinta kedalam tabung tinta yang ada diluar printer.
  • Bisa mencetak ratusan hingga ribuan lembar kertas sekali isi tabung tinta.
  • Tinta akan lebih hemat. Jadi, ketika melakukan isi ulang tinta cartridge resiko tumpah sangat terminimalisir berbeda dengan pengisian tinta yang harus menggunakan suntik.

Kelemahan Printer Infus

  • Sering mengalami masalah jika tidak dirawat dengan tepat.
  • Jika tidak digunakan dalam waktu sering maka tinta bisa menguap melalui selang infus.
  • Jika printer infus jarang digunakan, cartridge infus bisa mengalami kerusakan. Bahkan tinta bisa mengendap dan kering.
Karena memiliki kelemahan cepat rusak ketika tidak dirawat dengan baik maka anda harus mengetahui bagaimana cara merawat tinta infus. Perawatan tinta infus memang bisa dilakukan dengan mudah namun, bagi pemula tentu akan merasa bingung karena belum mengetahui cara yang tepat dalam merawat printer infus ini. Untuk itu ketahuilah beberapa cara merawat printer infus supaya tetap awet.

  1. Posisi botol harus sama dengan tinggi printer.
  2. Pada saat proses mencetak, tutup botol yang kecil harus dibuka.
  3. Ketika berniat untuk memindahkan printer, maka semua tutp botol harus tertutup rapat. Tujuannya supaya tinta tidak tumpah ataupun menguap.
  4. Jika cetakan kurang maksimal, maka anda perlu melakukan head cleaning.
  5. Jika tinta botol sudah tersisa ¼ bagian maka segera lakukan pengisian jangan telat dalam melakukan pengisian ini. Lihat Cara mengisi ulang tinta yang benar.
  6. Jangan biarkan tinta habis baru melakukan isi ulang karena hal ini bisa mempengaruhi kinerja cartridge.
  7. Printer infus jangan dibawa dengan posisi miring atau terbalik karena ini akan menyebabkan tumpahnya tinta. Jadi ketika akan memidahkan dari suatu tempat bawalah dengan posisi yang benar.
  8. Buang tinta pembuangan jika sudah ½ atau ¼ .
  9. Gunakan printer setiap hari. Jika tidak perlu melakukan penyetakan maka anda bisa lakukan head cleaning saja. Tujuannya supaya printer infus tetap berkerja.
  10. Jika ada udara didalam selang maka lakukan head clenaing. Biarkan tinta ini mengaliri udara dalam selang hingga habis. Hal ini dilakukan supaya tidak terjadi penguapan tinta didalam botol yang infuskan ke cartridge.
Merawat printer infus memang tidak semudah merawat printer jenis lain. Namun, dengan mengetahui beberapa cara merawat printer infus diatas anda pasti akan lebih mudah dalam melakukan perawatannya. Semoga bermanfaat ya sobat..

Post a Comment

Previous Post Next Post