Services Laptop Nganjuk

Cara merawat Hardisk Internal maupun Eksternal

Cara Merawat Hardisk dan Menghindari Kerusakannya - Kali ini Lapkom akan share tentang Bagaimana sih cara merawat hardisk agar tetap awet dan kinerjanya tetap baik? Hardisk merupakan perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan di dalamnya berisi piringan yang magnetis.
Cara merawat Hardisk Internal maupun Eksternal
 
Lalu bagaimana cara merawat hardisk yang baik dan benar? Data yang tersimpan di dalam Hardisk tidak akan hilang walaupun komputer kita mati (akan menyimpan otomatis). Hardisk saat ini sudah berkembang yaitu semakin tipis bentuk fisiknya dan memiliki daya tampung yang sangat besar.Hardisk kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire. Nah sahabat Lapkom, sudah faham dengan pengertian hardis? lalu bagaimana tips perawatan hardisk kita? langsung simak tips-tips berikut : 
Berikut ini merupakan langkah-langkah merawat hardisk untuk laptop yang baik dan benar, baik itu hardisk internal maupun eksternal:
1. PILIH HARDISK SESUAI KEBUTUHAN
Memilih Hardisk yang sesuai dengan kebutuhan merupakan cara ampuh untuk mengatasi kerusakan yang terjadi. Jika kamu menggunakan Hard Disk untuk pekerjaan yang cukup berat atau yang berhubungan dengan IT saya sarankan untuk menggunakan HDD diatas kapasitas 500GB dengan kecepatan 7200 RPM. Namun jika sebaliknya kamu hanya menggunakan hardisk untuk kegiatan normal seperti browsing, hiburan, dan kegiatan ringan lainnya cukup menggunakan HDD dibawah 500GB dengan kecepatan 5400 RPM atau lebih.
2. JANGAN TERLALU SERING MENGINSTALL ULANG
JANGAN TERLALU SERING MENGINSTALL ULANG
Jangan bermain-main dengan install ulang. Proses install ulang sangat berhubungan dengan keawetan hardisk karena hardisk bekerja dengan sangat kerasa ketika proses install ulang berlangsung. Jadi janganlah terlalu sering melakukan install ulang jika memang tidak diperlukan.
3. GUNAKAN STABILIZER ATAU STAVOLT
Komputer yang terlalu sering mati mendadak karena putusnya listrik atau turunnya tegangan hanya akan memperpendek umur hardisk. Jika hardisk yang sedang melakukan proses menulis dan membaca data dipaksa untuk berhenti karena mati mendadak, maka piringan dalam hardisk bisa menjadi rusak. Tidak hanya itu, data-data kamu yang ada didalamnya juga bakal ikut terancam.
 
4. GUNAKAN LAPTOP DI MEJA
Selalu biasakan menggunakan laptop di meja atau obyek lain yang datar dan keras. Hal ini penting untuk menjaga kestabilan posisi laptop. Menggunakan laptop di atas pangkuan berpotensi memperpendek umur hardisk karena piringan yang berputar didalamnya menjadi tidak stabil akibat goncangan atau goyangan secara terus menerus.
 
 
5. GUNAKAN ANTIVIRUS
Antivirus mampu membuat hardisk kamu lebih sehat karena tidak sedikit virus yang memicu berbagai masalah di hardisk. Antivirus juga bisa melindungi kamu dari berbagai masalah yang hanya bisa diselesaikan dengan melakukan install ulang. Untuk itu pastikan kamu menggunakan antivirus yang up to date dan memiliki license resmi baik itu license gratis ataupun berbayar.
6. DEFRAG HARDISK
Seiring dengan penggunaan, data-data di hardisk akan mengalami fragmentasi dan membuat performa hardisk menurun. Untuk menghilangkan fragmen tersebut maka kamu perlu melakukan defrag ketika dibutuhkan. Kamu bisa melakukannya ketika fragmentasi sudah mencapai diatas 10%. Namun usahakan jangan terlalu sering melakukan defrag karena hal ini juga bisa mengurangi umur hardisk jika dilakukan secara berlebihan.
7. HAPUS DATA YANG TIDAK PERLU
Sebaiknya kamu secara rutin menghapus data yang tidak perlu dan menguninstall aplikasi yang sudah tidak digunakan. Hal ini penting untuk mengurangi penggunaan space di hardisk sehingga hardisk tidak bekerja terlalu keras.


Cara merawat hardisk untuk pc :
1. Jangan Menutup Rapat Lubang Casing, hardisk memerlukan udara yang dingin untuk menjaga suhunya agar tetap dingin, karna panas dapat merusak hardisk. jadi berikanlah celah angin-angin agar udara bisa masuk dan hardisk anda tetap terjaga suhunya.
2. Matikan Komputer dengan Benar, Nah mendengar kata itu sudah tidak asing lagi di telinga karena setiap selesai menggunakan komputer tentunya kita akan mematikan komputer kita. Nah mematikan komputer harus dengan prosedur yang benar yakni melalui menu shutdown di windows kita dan tunggu hingga mati untuk melepas tegangan listriknya. karena dengan prosedur yang salah akan menyerang hardisk kita yang tiba-tiba akan berhenti mendadak tanpa tegangan listrik. Jadi matikanlah komputer dengan cara yang benar.
3. Tarus CPU di tempat yang di aliri udara, Mesin juga membutuhkan suhu yang stabil, apabila panas juga akan mengganggu kesehatannya, Seperti manusia. jangan taruh CPU pada tempat yang lembab.
4. Lakukan pengecekan hardisk dengan defrag, Nah cara ini sangat efisien untuk menjahga kinerja si hardisk. Usahakan sahabat lapkom untuk defrag harisk untuk waktu berkala seperti seminggu sekali atau sebulan sekali.
5. Pastikan kipas tetap berputar. Jika di hardisk anda tidak ada kipanya anda bisa memasangnya sendiri agar hardisk tetap dingin. dan selalu periksa power supply yang mengaliri tegangan ke dalam hardisk anda.
Tips-tips tersebut sangat efisien untuk di lakukan karena sudah terbukti bagus untuk perawatan hardisk anda, dan itu saja yang bisa di share kali ini semoga bermanfaat. Terimakasih untuk kunjungannya dan jika sahabat Lapkom ada pertanyaan silahkan komentar di bawah. terimakasih.

0 Response to "Cara merawat Hardisk Internal maupun Eksternal"

Post a Comment