Solusi Laptop Lambat Atau Lemot

Solusi Laptop Lambat Atau Lemot
Kadangkala terasa menjengkelkan saat laptop kita lemot saat kita pakai bekerja, padahal laptopnya juga bukan laptop jadul yang speknya udah uzur untuk menjalaankan aplikasi masa kini melainkan laptop dengan spesifikasi standar bahkan Multimedia/ Gaming series terkini. Saya akan berbagi penyebab serta solusi mulai dari yang paling ringan hingga paling berat.
Penyebab Laptop Jadi Lemot/ lambat adalah :


  1. Performa atau kesehatan Hardisk Turun, Error, bahkan bad sector
Performa atau kesehatan Hardisk Turun, Error, bahkan bad sector
Sebagai teknisi akhir-akhir ini kami sering menemukan laptop yang umurnya bisa dibilang masih “muda” tapi hardisk sudah lambat loadingnya. kita klik satu folder yang biasanya langsung terbuka, kali ini harus nunggu beberapa detik baru terbuka, inilah gejala performa / kesehatan hardisk sudah turun. Nah jika sudah seperti ini sebaiknya kita cek kesehatan hardisk kita, sudah benyak aplikasi/ software untuk mengecek dan repair kesehatan hardisk, sperti hdd tune, hdd sentinel, hdd regeneraor, easus, dll. jika belum parah biasanya hdd masih bisa direpair, meskipun recomended tetap ganti dan jangan lupa selalu back up data penting kita.
  1. Overheating karena sirkulasi cooler tersumbat
Overheating
Seiring waktu laptop kita gunakan di berbagai tempat, di meja, kadang di atas kasur, di atas karpet, di atas bantal, dll tentu debu dan serabut2 kecil bisa tersedot ke sirkulasi udara laptop kita dan lama kelamaan akan menyumbat. jika sudah tersumbat maka pasta procesor serta thermal pad pada procesor dan chipset vga yang berfungsi sebagai penghubung penyerap panas akan kering dan pedinginan laptop tidak sempurna sehingga terjadi overheating. Gejala awalnya ketika kita pakai kondisi dingin laptop kenceng-kenceng aja, tapi jika sudah agak lama jadi lemot. jika hal ini dibiarkan maka laptop bisa rusak akibat overheating.
untuk itu sebaiknya kita cek / bersihkan fan dan sirkulasi serta ganti pasta+thermal pad setiap 8 sampai 12 bulan sekali.

Post a Comment

Previous Post Next Post