Tips Merawat Baterei Laptop

Mempunyai laptop saat ini merupakan hal yang sudah biasa, karena hampir semua kalangan sudah memiliki dan menggunakan laptop. Mengingat harga laptop yang sudah sangat terjangkau dari semua kalangan. Namun hal yang sulit dilakukan ketika mempunyai sebuah barang atau sesuatu termasuk laptop adalah merawatnya dengan baik. Kelebihan laptop adalah bersifat mobile yang bisa digunakan dimanapun mengingat laptop mempunyai sumber daya berupa batterai yang bisa dipergunakan tanpa terhubung dengan arus listrik.
Tips Merawat Baterei Laptop
Mengingat betapa pentingnya fungsi batterai laptop, maka seharusnyalah kita merawat dan menjaganya agar tetap awet dan tidak mudah ngedrop. Dengan daya baterai yang cukup lama akan mempermudah dan mempercepat terselesainya pekerjaan kita dibandingkan batterai yang cepat habis dan ngedrop. Tips dibawah ini mungkin dapat menjadi acuan dan panduan bagi anda agar batterai laptop anda tetap awet dan tahan lama.
  1. Pada batterai baru, charge terlebih dahulu sampai penuh sebelum dipergunakan.
  2. Ketika laptop dipergunakan dan batterai telah terisi penuh (100%) lepas atau cabut daya listrik yang terhubung, karenan sumber listrik akan membuat batterai akan terus melakukan charge.
  3. Kurangi penggunaan CD/DVD drive. Sebaiknya file di CD/DVD copy terlebih dahulu ke harddisk sebelum di jalankan atau dibuka.
  4. Hindari kondisi panas yang berlebihan karena panas yang berlebihan dapat mempercepat kerusakan batterai, sebaiknya laptop diberi pendingin yang saat ini sudah banyak dijual dipasaran dan harganyapun sangat terjangkau.
  5. Lakukan defrag pada harddisk secara berkala kira-kira satu minggu atau dua minggu sekali, agar kinerja harddisk menjadi semaksimal dan seoptimal mungkin. Dengan demikian akan mengurangi konsumsi daya batterai.
  6. Atur pencahayaan pada monitor tidak terlalu cerah. Upayakan agar tetap bisa dilihat secara nyaman.
  7. Atur power menjadi sleep saat laptop tidak digunakan atau ditinggal dalam keadaan hidup atau pilih pengaturan power safer.
  8. Ketika laptop digunakan sebagai pengganti komputer desktop, sebaiknya lepaskan batterai dan gunakan laptop langsung dari power supply.
Demikian sedikit tips untuk merawat batterai laptop dan semoga bermanfaat.

Post a Comment

Previous Post Next Post