Services Laptop Nganjuk

Memperbaiki Laptop error EDIT WINDOWS BOOT OPTION di Windows 7

Memperbaiki Laptop error EDIT WINDOWS BOOT OPTION di Windows 7

Memperbaiki Laptop error EDIT WINDOWS BOOT OPTION di Windows 7


Cara Mengatasi Masalah “Windows boot options for: Windows 7 patch: \windows\system32\winload.exe” Pada Kesempatan kali ini akan membahas masalah pada PC/Laptop muncul tulisan : 

Edit windows boot option for: windows
Path: \Windows\System32\Winload.exe
Partition: 2
Hard Disk: 2e676
[ /NOEXECUTE=OPTIN 
Dari tampilan tersebut menunjukkan bahwa patch boot windows load tidak tepat atau belum di setting, sehingga tampil layar tersebut.Walau dalam keadaan window sudah terinstall, tetapi pesan ini selalu muncul dan sangat mengganggu.
Cara untuk masalah tampilnya pesan tersebut dan memperbaiki patch winload pada Windows 7 caranya sebagai berikut:
  1. Buka Command prompt sebagai Administrator
  2. Ketik perintah berikut: bcdedit /set optionsedit no kemudian tekan ENTER
  3. Jika berhasil, maka seperti gambar berikut.

Memperbaiki Laptop error EDIT WINDOWS BOOT OPTION di Windows 7
Setelah di cek sebentar, saya bisa sedikit menganalisa beberapa masalah yang terjadi di laptop ACER 4752z ini, diantaranya adalah:
  1. Untuk masalah lambat nya booting ini disebabkan banyak file yang di load ketika laptop startup, biasanya hal ini di karenakan windows melakukan auto update. Windows yang di pakai laptop ini adalah windows 7 starter. Yang saya lakukan untuk mengatasi ini adalah restore backup windows ke beberapa hari sebelumnya. Hasilnya laptop bisa normal booting kembali. Kemudian saya sarankan ke pada pemilik laptop untuk mematikan saja autobackup windowsnya.
  2. Tombol keyboard yang beberapa tombolnya tidak berfungsi, diantaranya tombol Q W S X Z F2 U J M dll, kalo masalah ini sudah bisa dipastikan keyboardnya rusak, solusinya ganti keyboard yang harganya kurang lebih Rp.200.000 an kalo di Surabaya. Model keyboard Acer 4752z ini adalah MP-09G23U4-442. Model ini bisa diganti dengan Type Acer 4736 cuman yang type ini tidak ada bautnya, tetapi harga lebih murah, sekitar 150ribu-an.
  3. Masalah muncul error "Edit Windows Boot Option For: Windows" seperti keterangan error diatas, kalo yang masalah ini sejujurnya baru pertama menanganinya. Tetapi asusmsi saya adalah dikarenakan keyboard yang rusak, buktinya ketika keyboard saya lepas, error tersebut tidak muncul, sebaliknya kalo keyboard dipasang error muncul kembali. Jadi ini kemungkinannya ada hubungannya dengan keyboard yang rusak, bisa saja tombol F10 nya menekan terus sehingga muncul error tersebut. Setelah ganti keyboard masalah ini sudah terpecahkan.
Begitulah analisa saya yang memang tidak secara teknis, tetapi setidaknya masalah error  "Edit Windows Boot Option For: Windows" itu sudah bisa diselesaikan dan user yang punya laptop itu pun merasa laptopnya sudah normal kembali.